Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kaili Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu melantik 05 (Lima) orang petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada hari Senin (24/06/2024). Pelantikan ini bertempat di Kantor Desa Kaili, pelantikan Pantarlih dihadiri oleh petugas Pantarlih terpilih, PPK Kecamatan Suli Barat, Ketua dan anggota PPS, sekretariat PPS, Panwas, dan Kepala Desa Kaili.
Pelantikan bersamaan dengan pengambilan sumpah dimulai sekitar pukul 09.00 WITA yang dilanjut dengan apel pagi lalu diikuti dengan bimbingan teknis (bimtek) khususnya penggunaan aplikasi e-coklit di hari yang sama sesuai dengan susunan tahapan yang sudah diberikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Dalam sambutannya Ketua PPS Desa Kaili menyampaikan agar para pantarlih memberikan dedikasi yang setinggi-tingginya dalam pekerjaan ini karena ini adalah tugas negara guna menyukseskan Pilkada tahun 2024.
"Terimkasih kepada semua pantarlih yang sudah hadir dalam pelantikan hari ini, saya berharap para pantarlih memberikan dedikasi yang setinggi-tingginya dalam menyukseskan proses coklit ini guna suksesnya Pilkad tahun 2024 ini" Ujarnya.
Adapun tugas Pantarlih secara umum selain melakukan pemutkhiran data pemiluh dalam pemilu menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 antara lain:
- Membantu KPU Kabupaten/Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), DAN PPS dalam penyusunan datar pemilih dan pemutakhiran data pemilih.
- Melaksanakan pencocokan dan penelitiandata pemilih.
- Memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih.
- Menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
Kegiatan ini juga mencerminkan komitmen PPS Desa Kaili dan seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaran Pilkada untuk mewujudkan Pilkada yang akuntabel, transparan, dan tentunya demokratis. Masyarakat Desa Kaili diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam proses ini, dengan memberikan data yang akurat dan bersikap kooperatif kepada petugas Pantarlih.